Hamparan Kab. Karawang

Sebenarnya dah lama ingin bercerita tentang Kab. Karawang, dari pertama penugasan kerja di kota ini sekitar 2009, tapi baru sekarang terlaksana. Ketika pertama mendapat SK tentang penugasan di kota yang terkenal dengan sebutan lumbung padi ini, tidak pernah terbayang bagaimana keadaan kota ini. Dengar cerita, karawang adalah kota kecil, berhawa panas dan identik dengan dunia “pantura”, tapi bagaimana pun saya berniat menjalankan tugas ini.

Karawang berhawa panas sekali, butuh kipas angin dan AC ketika tidur, tanpa menggunakan selimut dan baju panjang, sangat bertolak belakang sekali dengan kota asalku. Tahun 2009 Lahan luasnya masih terisi dengan sawah, mungkin ini yang dikatakan kenapa disebut kota “Lumbung Padi”, meskipun di Tahun 2012 ini lahan pertanian sudah banyak yang dialihfungsikan menjadi lahan komersil, kotak2 komplek rumah yang luas. Sebenarnya aku sangat menyayangkan untuk hal ini. Pusat kotanya kecil, keramaian terpusat di Ramayana dan Matahari (Mega M), baru sekarang ada Karawang Central Plaza di daerah Galuh yang lebih besar dari Mall sebelumnya. Disini pula terdapat Kawasan Indsutri yang besar di daerah Barat dan Timur, sehingga mayoritas penduduk disini bekerja di indsutri tersebut. Padahal banyak peristiwa sejarah  masa penjajahan tersirat di Kota ini, hanya saja jarang orang teringat. Tentang penculikan Bung Karno di Rumah Laksamana Muda Maeda Rengasdengklok.

Hanya cukup sulit menemukan makanan yang khas dan enak (menurut saya). Tapi ada makanan yang khas dan enak disini yaitu  serabi ijo Rengasdengklok dengan kuah manis rasa durian. Entah terbiasa dengan makanan yang beraneka rasa di Kota Bandung menjadi tidak menemukan rasa itu disini.

Tetapi yang cukup menentramkan hati adalah jarang menemukan kemacetan disini, hanya saat-saat tertentu saja terjadi kemacetan. Secara di kota-kota besar selalu bertemu dengan kemacetan.

Sekilas tentang Kab. Karawang, berharap bisa menjadi kota yang nyaman🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s