ASIKNYA ARUNG JERAM Di SITU CILENCA, PANGALENGAN

arungjeramKawasan Wisata kabupaten Bandung ternyata banyak menyimpan keindahan dan keunikan tersendiri bagi wisatawan-wisatawan. Selama ini daerah Pangalengan kurang diminati untuk di kunjungi dalam acara wisata. Padahal daerah ini dapat dijadikan alternative untuk melakukan wisata. Apalagi buat temen2 yang pengen banget refreshing tapi budgetnya Cuma ada dikit, cocok banget kalo datang kesini.

Memang dari dulu aku pengen banget nyobain arung jeram, gara2 sering liat di tv –acara2 kaya jejak petualang,dsb- kayanya seru, menantang, asik bgt… hanya yang aku liat lokasi arung jeram yang paling deket dari Bandung ada di Citarik Sukabumi, tapi ternyata eh ternyata ada yang lebih deket yaitu di Situ Cilenca, Pangalengan. Dan akhirnya aku bergegas kesana untuk mencobanya, aku berangkat bareng keluarga. Kebetulan lagi masa liburan. Perjalanan dari rumah sekitar 2 jam, dan senangnya perjalanan menjuju kesana lancar dan ga macet. Tiba kesana sekitar pukul 2an. Pemandangan yang langsung aku liat yaitu situ, atau danau yang gede banget namanya Situ Cilenca. Angin berhembus seger banget, apalagi itu dataran tinggi, sejuuuk banget. Tiba di pintu masuk wisata kami disambut petugas. HTM ke tempat wisata adalah Rp 3000 /orang dan mobil Rp 5000, lumayan murah kan! Selain arung jeram, temen2 bisa coba flying fox, perahu di danau, atau duduk di pinggir danau sambil menikmati bandrek hangat dengan hembusan angin sepoi-sepoi bareng pasangannya…hallah…

Tiba disana papahku langsung mencari provider arung jeram – kebetulan sebelumnya papahku sudah mencobanya-, kalo ga salah disana ada 3 group provider arung jeram, tapi lupa lagi namanya bahkan provider yang aku pake saat itu, hehehe, seinget ku salahsatu nama providernya adalah Mandala. Tim provider menyiapkan peralatanya. Saran aku, temen2 mending pake kaos biasa, celana pendek, dan sandal jepit aja, coz ntar bakal basah banget. Ketika semua peralatan siap, komandonya memberikan arahan, sebaiknya simak dan dengarkan dengan baik, karena berhubungan dengan keselamatan kita. Sebagai pemanasan, perahu dibawa ke danau dan kita belajar mendayung. Lalu… This is the Show…! Langsung ke sungai…

Dalam benak, aku udah mikir jauh banget atas apa yang akan terjadi pada saat arung jeram.. padahal dikenyataannya jauh dari apa yang aku pikirin. Sungai yang dilalui ga begitu lebar, dan jeram2nya ga begitu tinggi. Jadi untuk yang baru cobain cocok bgt disini… Air sungainya juga bersih, tapi untuk kesananya jadi kecoklatan.

Yang paling seru di arung jeram adalah ketika melewati jeram, biasanya aba2 dari komandannya kalo ada jeram yaitu “BOOM”. Seru abis pokonya!

Perjalanan arung jeram sekitar 2 jam, dan aku puas banget. Setelah beres, kita langsung bilas di kamar mandi yang disediakan, dan disajikan minum the walini… nikmat banget, lagi cape disajiin the anget… Oia tarif untuk setiap provider beda2, dan bisa ditawar. Untuk perorang, aku dikenakan tarif Rp 125.000, tapi kalo ditambah makan dikenakan Rp 150.000/ orang. Denger2 si tarif yang ditawarkan untuk semua provider ga lebih dari Rp 200ribu.

5 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s